Jenis-Jenis Konstruksi

Jenis-Jenis Konstruksi

Sheldonsfinestcoins – Kata konstruksi sudah tidak asing lagi di telinga. Tapi tahukah Anda definisi sebenarnya dari konstruksi? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), konstruksi berarti model atau desain suatu bangunan, seperti jembatan, rumah, dll.

Sedangkan yang dimaksud dengan konstruksi menurut ahli adalah kegiatan membangun sarana dan prasarana. Dalam bidang arsitektur atau teknik sipil, suatu konstruksi disebut juga dengan bangunan atau satuan prasarana dalam satu bidang atau lebih.

Singkatnya, konstruksi didefinisikan sebagai objek umum sebuah bangunan yang terdiri dari bagian-bagian struktural. Misalnya konstruksi struktur bangunan adalah bentuk atau konstruksi keseluruhan dari struktur bangunan tersebut. Contoh lainnya adalah pembangunan jalan, pembangunan jembatan, pembangunan kapal dan lain-lain. Berikut beberapa jenis konstruksi yang harus Anda ketahui menurut jasa bangun rumah jogja.

Konstruksi bangunan

Ini yang kami tahu. Pembangunan gedung terjadi di semua kota dan desa. Dimulai dengan pembangunan fasilitas umum seperti gedung institusi, tempat pendidikan dan tempat rekreasi. Pembangunan sebuah bangunan biasanya direncanakan oleh arsitek dan insinyur sipil, sedangkan material yang diperlukan lebih ditekankan pada aspek arsitektural.

Konstruksi teknik

Pembangunan jalan adalah proyek yang meliputi penggalian, penimbunan, pengerasan jalan, dan pembangunan jembatan serta struktur drainase. Pembangunan jalan biasanya direncanakan oleh departemen pekerjaan umum setempat dan berbeda dengan konstruksi bangunan dalam hal kegiatan antara pemilik, perencana dan kontraktor.

Konstruksi teknis adalah suatu konstruksi yang melibatkan suatu struktur yang direncanakan secara khusus yang dirancang oleh para ahli dan dilaksanakan untuk memenuhi kebutuhan infrastruktur masyarakat. Jenis konstruksi ini kemudian dibagi menjadi dua bagian, yaitu konstruksi jalan dan konstruksi berat.

Konstruksi berat

Sedangkan yang termasuk dalam konstruksi berat, yaitu proyek utilitas umum suatu negara seperti bendungan, pemasangan pipa, jalur transportasi selain jalan raya, transportasi laut dan udara. Pembangunan ini biasanya didanai oleh pemerintah atau kerjasama antara pemerintah dan swasta.

Konstruksi industri

Konstruksi industri ini umumnya mencakup proyek industri yang memerlukan spesifikasi dan persyaratan khusus seperti kilang minyak, industri berat atau industri dasar, pertambangan, nuklir. dll. Perencanaan dan pelaksanaan membutuhkan ketelitian dan keahlian, serta teknologi khusus.

Tahapan konstruksi industri

Secara umum, ada empat tahapan proyek konstruksi. Dari tahap perencanaan atau perencanaan, dari tahap desain atau konsepsi, dari tahap pengadaan atau lelang dan dari tahap pelaksanaan atau konstruksi. Berikut penjelasan lebih detail dari keempat langkah tersebut:

Skenario pertama

Pada tahap perencanaan, garis besar rencana proyek dibuat, termasuk mempekerjakan konsultan. Apa yang kita lakukan pada tahap ini? Diantaranya, sesi informasi, studi kelayakan proyek, pemilihan desain, program anggaran hingga pembiayaan.

Tahap kedua

Pada tahap kedua ini perancangan akan dilakukan dalam tiga periode. Ketiga periode tersebut adalah periode desain awal atau pra-desain, periode pengembangan desain dan periode desain akhir, serta persiapan dokumen desain dan konstruksi akhir.

Fase ketiga

Tahap ketiga yaitu tahap pengadaan atau pelelangan yang dilakukan adalah menyewa konsultan perencanaan setelah ide awal dan menyewa konsultan pengawas untuk mengawasi proyek. Setelah konsultan akuisisi, akuisisi pengusaha juga terjadi pada tahap ini.

Langkah keempat

Tahap terakhir adalah tahap konstruksi, yaitu pelaksanaan pembangunan fisik sesuai konsep desain yang telah disepakati pada tahap sebelumnya. Pada titik ini, setelah penandatanganan kontrak, penerbitan SPK atau perintah kerja, pekerjaan sudah bisa dilakukan.

Setelah membaca artikel di atas, Anda akan mendapatkan beberapa informasi baru tentang membangun rumah bukan?